Minggu, 02 Januari 2011

GARUDA

Penampilan gemilang timnas Indonesia atau yang biasa disebut tim GARUDA membuat bangga seluruh lapisan masyarakat Indonesia, walau hanya bisa menyabet gelar runer up atau juara ke dua tetap saja masyarakat dibuat bangga. Pasalnya laskar merah pitih itu telah menunjukan kemajuan dengan permainan terbaiknya sepanjang gelaran piala AFF 2010 kemarin.
Pada penyisihan GARUDA merebut point penuh di group A, semua pertandingan dimenangi dengan skor telak. Yaitu Indonesi Vs Malaysia 5-1, Indonesia Vs Laos 6-0, Indonesia Vs Thailand 2-1. Dengan 9 point tersebut  menjadi modal awal melangkah ke babak selanjutnya. Di babak berikut adalah laga semifinal melawan piliphina, semi final piala AFF dilakukan  dua kali pertemuan, karena bersistem pertemuan kandang dan pertemuan tandang. Pada dasarnya Indonesia harus melakukan pertandingan tandang yang berarti bermain di kandang musuh, tetapi karena piliphina belum memiliki lapangan untuk gelaran pertandingan sepak bola internasional, maka seluruh pertandingan dilakukan di Indonesia. Hal ini sangat menguntungkan pihak Indonesia, begitu banyak suporter membuat tekanan bagi pihak piliphina. Benar saja kedua laga tersebut dilibas Indonesia sehingga Indonesia dapat menembus final.
Di final pun peraturannya sama dengan semi final, dilakukan dua pertandingan untuk mengetahui siapa yang mendapat juara AFF 2010. Perjalanan sang GARUDA kali ini tidak semulus sebelumnya, pertandingan awal yaitu laga tandang laskar merah putih kalah dengan skor 0-3 dengan malaysia. Dalam pertandingan itu banyak sekali kendala yang menghambat jalannya pertandingan, ulah tidak sportifnya para suporter Malaysia penyebab kendala tersebut. Tapi tak sepenuhnya juga dapat menyalahkan atas kekalahan Indonesia, mungkin karna faktor kurangnya mental para pemain yang dapat merobohkan strategi bertanding.
Laga ke dua pertandingan diselenggarakan di Indonesia sekaligus penentuan juara, kalah 3 angka dari Malaysia membuat Indonesia terus bermain ngotot, jalannya pertandingan pun sangat alot. Awalnya Malaysia dap[at mencuri angka terlebih dahulu, tetapi dengan semangat dan berkat dukungan para suporter pula hingga akhirnya Indonesia bisa memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Tapi meski menang pada laga kedua Indonesia belum berhasil membawa pulang piala AFF tersebut karena kalah agregat gol 4-2 dari Malaysia.
Indonesia harus puas dengan hasil runer up, kita tidak boleh terlalu meratap atas kegagalan di final karena walu belum berhasil menjuarai piala AFF saat ini, salah satu pilar GARUDA berhasil menyabet  gelar pemain terbaik di piala AFF 2010, gelar itu diberikan kepada kapten kesebelasan GARUDA pada saat ini yaitu Firman Utina. Dengan ini semua kita patut bangga kepada timnas Indonesia atas prestasinya, kedepan kita sangat berharap timnas terus berbenah demi masa depan yang cerah dan semoga terus lebih maju. Jayalah terus GARUDA jayalah terus Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar